Google Translate

Minggu, 20 Mei 2012

59% Komputer Indonesia Pakai Software Bajakan

| Minggu, 20 Mei 2012 | 0 komentar

 
Penelitian yang dilakukan Business Software Alliance (BSA) menerangkan, sekitar 59 persen atau 305 pengguna komputer di Indonesia menggunakan software bajakan.

Mereka berpendapat, hal inilah yang berkontribusi membuat tingkat pembajakan software di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik.

Survei perorangan ini dilakukan dengan responden sekitar 518 pengguna komputer di Indonesia dan dilaksanakan pada rentang Februari - Maret 2012.

Para responden tersebut ditanyakan apakah mereka menggunakan software bajakan dan seberapa sering menggunakannya.

Dari 59 persen responden yang mengaku menggunakan software bajakan, 5 persennya mengatakan selalu memperolehnya secara ilegal.

Kemudian 14 persen mengatakan sering, 23 persen mengatakan hanya pada saat tertentu dan 17 persen lainnya mengatakan hanya sesekali saja memperoleh software ilegal.

Selain itu juga diterangkan bahwa dari aspek gender, wanita mendominasi jumlah pengguna komputer yang mengaku mamakai software bajakan. Jumlah pengguna wanita sekitar 54 persen, sedangkan pria sekitar 46 persen.

Ada banyak alasan mengapa orang memilih pemakaian software bajakan. Senior Director Anti-Piracy BSA, APAC, Tarun Shawney mengungkap, sekitar 13 persen orang merasa tidak akan tertangkap jika menggunakan software bajakan. "Sedangkan mereka yang menyadari ilegalnya pembajakan software merupakan alasan untuk tidak memakai software bajakan ada sekitar 17 persen," tuturnya.

Sebelumnya, Tarun telah mengungkap bahwa dalam penelitian global BSA bersama International Data Corporation (IDC) dan IPSO, Indonesia diketahui sebagai negara dengan piracy rate cukup tinggi yakni 86 persen.

Survei global tersebut dilakukan terhadap 33 negara dengan jumlah responden sekitar lebih dari 15 ribu orang.


Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com