Google Translate

Rabu, 14 Maret 2012

Tips Membuat Pengunjung Berkomentar

| Rabu, 14 Maret 2012 | 0 komentar

Salah satu kelebihan blog adalah sifatnya yang interaktif. Melalui kolom komentar, pembaca blog bisa berkomunikasi secara langsung dengan si pemilik blog ataupun dengan pembaca blog yang lain. Jumlah komentar di sebuah blog juga bisa menjadi ukuran kesuksesan seorang blogger. Semakin banyak jumlah komentar, maka semakin populer pula blog tersebut.

Sayangnya, tidak semua blog bisa mendapatkan banyak komentar. Hanya sedikit blog yang berhasil menarik pembacanya untuk meninggalkan komentar.

Adakah rahasianya?

Pertanyaan jamak yang kemudian seringkali hinggap di kepala setiap blogger adalah: "Bagaimana saya bisa mendapatkan 100 atau lebih komentar di blog saya?"

Dibawah ini adalah 10 tips untuk mendapatkan lebih banyak komentar yang saya sarikan dari pengalaman saya pribadi.

10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda

1. Dorong Pembaca Blog Anda Untuk Berkomentar
Mintalah, dan Anda akan mendapatkan. Hukum ini juga berlaku di dunia blogging. Jika Anda ingin pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, jangan ragu-ragu untuk memintanya. Dorong pembaca blog Anda untuk berbagi komentar tentang topik tertentu yang Anda tulis di blog Anda. Jika Anda melakukannya dengan sopan, saya percaya pembaca blog Anda pasti akan tergerak untuk memberikan komentar di blog Anda.


2. Ajukan Pertanyaan Kepada Pembaca Blog Anda
Salah satu cara paling berhasil untuk mendapatkan komentar di blog Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada pembaca blog Anda. Jangan takut apabila Anda tidak mendapatkan respon seperti yang Anda inginkan. Setidaknya, jika Anda mengajukan pertanyaan, pembaca blog Anda akan tahu bahwa Anda ingin berinteraksi lebih dekat lagi dengan pembaca blog Anda. Bertanyalah dengan sopan dan sesuaikan dengan topik blog Anda.


3. Permudah Cara Berkomentar di Blog Anda
Bayangkan betapa repotnya pembaca blog Anda jika harus menuliskan capcha atau password atau malah harus log in terlebih dahulu untuk berkomentar di blog Anda. Jika Anda benar-benar ingin menumbuhkan budaya berkomentar di blog Anda, akan lebih baik apabila Anda mempermudah cara berkomentar di blog Anda. Hilangkan fitur moderasi, capcha, password atau apapun yang hanya akan membuat pembaca blog Anda malas berkomentar.


4. Balas Komentar Pembaca Blog Anda
Ketika pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, sejatinya ia ingin berinteraksi dengan Anda maupun dengan pembaca blog yang lain. Balaslah komentar-komentar di blog Anda (selagi jumlahnya belum banyak) dan suatu hari Anda akan terkejut mendapati semakin banyaknya komentar yang diberikan oleh pembaca blog Anda. Membalas komentar juga menjadi salah satu cara untuk menghargai pembaca blog Anda.



5. Beri Insentif Untuk Komentar di Blog Anda

Memberikan insentif untuk berkomentar di blog Anda bisa menjadi salah satu cara tercepat untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda. Insentif tidak perlu mahal. Malah bisa gratis. Anda bisa sekedar memberikan do-follow backlink, komentar balik atau sekedar e-book gratis. Yang terpenting adalah itikad baik Anda untuk memberikan sekedar balas budi kepada pembaca blog Anda yang telah berkomentar.


6. Menulislah Dengan Santun
Meskipun nampaknya tidak berkaitan, namun sejatinya gaya menulis yang santun memiliki pengaruh terhadap sikap penerimaan pembaca blog Anda. Jika Anda menulis dengan santun, pembaca blog Anda akan merasa dihargai dan sebagai imbalannya akan lebih mudah memberikan komentar di blog Anda.

7. Tulislah Artikel Yang Memancing Rasa Ingin Tahu
Tips lain untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda adalah dengan membuat tulisan "menggantung" alias open-ended yang memancing rasa ingin tahu pembaca. Buatlah pembaca blog Anda penasaran dan "terpaksa" bertanya di bagian kolom komentar. Namun demikian, ada baiknya jika tips ini tidak terus-menerus Anda pergunakan. Pembaca blog Anda pun suatu saat akan merasa jengah bila dipaksa untuk terus-menerus membaca artikel yang selalu "menggantung" tanpa kesimpulan.

Contoh artikel: Apa Itu alexa?

8. Bangun Budaya Berkomentar Yang Positif
Anda adalah pencipta budaya berkomentar di blog Anda sendiri. Jika Anda terbiasa membalas komentar dengan negatif, kasar, acuh tak acuh dan sekedarnya, maka budaya itulah yang akan diikuti oleh pembaca blog Anda. Sebaliknya, jika Anda terbiasa membalas komentar dengan positif, respek, santun dan rendah hati, maka budaya itu pulalah yang akan menular kepada pembaca blog Anda.



Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com