Google Translate

Kamis, 15 Maret 2012

Cara Jujur Menurunkan Alexa Rank

| Kamis, 15 Maret 2012 | 3 komentar

 
Menurunkan Alexa Rank maupun menaikkan Google Pagerank, adalah dua obsesi bagi blogger atau admin website manapun yang telah malang-melintang di belantara internet. Bahkan para pemula sekalipun, terobsesi dua mantra ajaib jagat maya  ini: Alexa Rank dan Google Pagerank.
Muara dari obsesi di atas hanya satu: menjadikan blog atau websitenya memiliki nilai ekonomis tinggi. Tak lebih dan tak kurang.
Kita tidak bisa menyalahkan sistem yang sudah terbangun dan mulai mapan di ranah maya, bahwa suatu blog atau situs memiliki eksistensi dan ‘nilai jual’, lantas menjelma kredibilitas, dilihat dari seberapa peringkatnya diukur dari Google Pagerank maupun Alexa Rank. Walaupun indikator berdasarkan dua mantra ajaib tersebut tidak sepenuhnya mencerminkan akan kredibiltas suatu blog atau website.
Banyak situs berkredibilitas tinggi ditandai oleh semakin naiknnya Google Pagerank dan menurunnya Alexa Rank. Namun demikian, sepanjang pengamatan amatir saya, tidak sedikit pula situs dengan konten ala kadarnya di mana si admin obsesif terhadap pemeringkatan, menggunakan segala macam cara agar Google Pagerank naik dan Alexa Rank turun di situs yang dikelolanya. Banyak yang berhasil, namun tidak sedikit pula menemui kegagalan, terhempas di jalan yang penuh dengan lubang dan kerikil tajam.
Percayalah, kata kunci sebelum anda berpikiran bagaimana menaikkan Google Page Rank maupun menurunkan Alexa Rank adalah: kredibilitas. Baik kredibiltas suatu blog atau website di mata pembaca, maupun kredibilitas admin situs bersangkutan.
Bagaimana mungkin blog atau website memiliki kredibiltas, sementara pembaca yang berkunjung ke situs anda tidak mendapatkan nilai lebih atau faedah darinya? Anda mungkin bisa mengelabui suatu sistem pemeringkatan dengan teknik-teknik tertentu. Namun kembali lagi, bila suatu pengunjung kecewa dengan situs yang anda kelola, jangan harap orang yang sama akan berkunjung kembali ke situs anda.
Nilai lebih suatu situs ditandai oleh kepuasan pengunjung manakala konten-konten situs yang anda sajikan memiliki nilai manfaat. Manfaat itulah yang menjadikan pengunjung situs anda loyal. Mereka yang mendapat asas manfaat itu tidak akan segan-segan berkunjung kembali ke situs yang anda kelola. Anggap saja situs anda sebuah warung. Dengan demikian, perlakukan pengunjung sebagai raja.
Dari gambaran di atas, sebelum kita jauh melangkah untuk menurunkan Alexa Rank dan menaikkan Google Pagerank, fokuskan pada semboyan: konten adalah raja (contens is the king) dan pengunjung adalah raja diraja (visitors is the king of king). Pengelola blog atau website pada dasarnya hulubalang belaka.

ada beberapa Cara Natural untuk Menurunkan Alexa Rank blog atau website itu. Di antaranya:  

1. Posting rutin (update) konten bermanfaat. Melakukan publikasi rutin sebuah posting, katakanlah seminggu sekali atau  tiga hari sekali adalah cara tercepat, pula natural untuk menurunkan Alexa Rank. Semakin rajin melakukan update, Alexa Rank niscaya akan turun dengan sendirinya.
2. Mendaftarkan diri atau registrasi di situs Alexa http://www.alexa.com. Setelah terdaftar, dilanjutkan menyematkan widget Alexa milik sendiri di sidebar atau halaman situs. Alexa juga menawarkan agar kita menginstal Toolbar Alexa untuk browser yang kita gunakan. Klik halaman toolbar di situs Alexa di atas. Ikuti saja petunjuk-petunjuk cara penginstalannya hingga purna. Logika sedehana, dengan memasang widget dan toolbar milik Alexa, maka blog atau website kita akan dipantau terus-menerus olehnya.
3. Membubuhkan komen di blog atau website lain. Setiap hari, sebagai seorang admin blog atau website, niscaya kita melanglang buana maya dengan mengunjungi blog atau website lainnya. Tidak ada salahnya kita berkomentar sepatah duapatah kata atas posting yang kita baca. Hindari penggunaan komentar one liner seperti: makasih, thank, good dan sebagainya. Dengan membubuhkan komentar, di samping memperbanyak backlink, juga mengundang admin dan pengunjung blog atau website bersangkutan untuk penasaran melihat blog atau website kita. Karenanya, komentar one liner seyogyanya dihindari. Disarankan membuat komentar untuk menyanggah atau melengkapi posting dengan argumentasi kuat. Pengalaman saya sendiri, komentar semacam terakhir tidak diduga membuat pengunjung blog atau website tersebut tergelitik mencari tahu tentang apa dan siapa pemberi komentar dimaksud.
4. Menulis review tentang blog atau website. Pertama, menulis di halaman review blog atau website kita di situs Alexa. Tidak ada salahnya kita membujuk dan merayu teman, kenalan atau siapapun agar berkenan menuliskan review tentang hal ikhwal blog atau website bersangkutan. Semakin banyak orang menulis review di situs tersebut sembari memberi rating bintang 4 atau 5, maka cenderung menurunkan Alexa Rank. Kedua, membuat review blog atau website kita sendiri di situs-situs keroyokan di mana kita terdaftar, forum, dan blog atau website lain yang kita miliki. Hal ini memang jarang dilakukan admin blog atau website. Jika bukan kita sendiri yang melakukan, tidak ada salahnya meminta orang lain yang dikenal agar membuat review blog atau website kita
5.Tampil di Halaman Satu Google Pagerank. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitu pula bergandengan tangan dengan rutin update, tanpa kita sadari jumlah posting yang dimiliki semakin hari bertambah banyak. Dari sekian posting yang dimiliki, pastilah ada beberapa yang tampil di halaman satu hasil pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari Google. Bila banyak pengguna internet mengunjungi blog atau website kita berdasarkan rekomendasi mesin pencari, maka lalu lintasnya cukup ramai. Berkorelasi dengan penurunan Alexa Rank. Lantaran, sesungguhnya indikator Alexa Rank itu dimaksudkan untuk mengetahui ramai tidaknya pengunjung blog atau website bersangkutan.

Dari kelima Cara Natural Cepat Menurunkan Alexa Rank, paling hakiki adalah cara pertama: Posting rutin (update) konten bermanfaat. Fokuskan saja untuk melakukan teknik sederhana ini. Saya berkeyakinan, bukan saja Alexa Rank blog atau website Anda turun, melainkan juga Google Pagerank-nya akan naik.


Artikel Terkait:

3 komentar:

kista ovarium mengatakan...

terimaksih atas informasinya ya gan ,
saya akan mencoba tekniknya . !!

gejala kanker hati mengatakan...

mantabhh gann,,, saya ijin contek ya gan ilmunya !! he

antrakosis mengatakan...

terimakasih ya gan ,, mantabhh resepnya !!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com