Google Translate

Minggu, 05 Februari 2012

Tips untuk mendapatkan blog traffic

| Minggu, 05 Februari 2012 | 0 komentar



1. Tulislah Minimal 5 Artikel Pilar.

Apa itu artikel pilar? Artikel pilar adalah sebuah artikel bersifat tutorial atau artikel yang memberikan tips, trik, saran dan informasi berharga buat pengunjung blog Anda. Misalnya artikel yang sedang Anda baca ini merupakan salah satu kriteria artikel pilar karena memberikan tips dan saran yang praktis serta mengandung point “how-to”. Artikel seperti ini memiliki umur panjang karena senantiasa dicari dan dibaca oleh para blogger; baik mereka yang baru mulai ngeblog maupun mereka yang sudah pro dan masih selalu haus untuk menambah refensi tentang dunia blogging. Semakin banyak artikel pilar yang Anda tulis semakin bagus untuk traffic blog Anda.

2. Jika Blog Anda terbilang baru maka pada beberapa bulan pertama tulislah postingan baru setiap hari.
Tidak semua postingan harus menjadi artikel pilar dan kita kadang tidak akan menyangka artikel yang kita anggap tidak berguna malah akan menjadi artikel pilar dikemudian hari. Kembali lagi ke bahasan menulis posting baru setiap hari, menulis posting baru setiap hari bermanfaat untuk pengunjung yang datang pertama kali ke blog Anda dan mereka yang masih jarang datang ke blog Anda, menulis posting setiap hari akan menunjukkan pada pengunjung blog bahwa setiap hari ternyata selalu ada update terbaru dan lambat laun tapi pasti pengunjung pun akan mulai berlangganan melalui feed ataupun email newslatter blog Anda.

3. Gunakan nama domain yang tepat dan mudah diingat.
Jika Anda benar-benar serius untuk terjun didunia blogging monetize maka sebelum memulai pastikan nama domain yang Anda pilih tepat dan mudah diingat orang lain. Untuk menilai nama domain mudah diingat misalnya ketika Anda ngobrol dengan teman didunia nyata (offline) tentang dunia blogging lantas kita menyebutkan nama domain kita, nah jangan sampai teman kita harus bertanya dua kali saat kita menyebutkan nama blog yang kita miliki. Lebih baik lagi jika nama domain yang Anda pilih memiliki keyword untuk pembahasan (niche) blog Anda.

4. Komentar, komentar dan komentar! 
Setelah Anda memiliki blog dengan nama yang baik, artikel pilar yang cukup maka blog Anda sudah cukup mumpuni untuk tampil kedepan. Mulailah berkomentar pada blog lain, pastikan blog yang Anda komentari memiliki tema yang cukup sama, kemudian dalam komentar tersebut sisipkan satu anchor text untuk postingan yang Anda nilai sebagai artikel pilar. Jangan lebih dari satu! Hal ini untuk menghindari komentar moderasi dan dianggap spam. Berkomentar pada blog yang memiliki tema sama memungkinkan pengujung blog tersebut tertarik untuk datang ke blog kita. Pada form komentar mesin wordpress terdapat nama, email dan URL untuk kita isi, maka manfaatkan form nama diisi dengan judul postingan yang akan Anda rekomendasikan.

5. Gunakan Trackback dan linkout dalam postingan Anda
Apa itu trackback? Trackback jika kita artikan secara harpiah adalah “pelacakan” dalam dunia blogging Trackback dikenal sebagai conversation (percakapan) antara postingan blog kita dengan postingan blog lain. Ketika Anda menulis sebuah artikel dan menyinggung atau mengambil sumber postingan orang lain maka linkout diperlukan sebagai trackback untuk memberitahu pemilik blog lain bahwa kita telah membuat postingan dan menyebutkan blognya dalam postingan tersebut. Biasanya trackback muncul seperti komentar. Hal ini cukup penting untuk blog baru, kenapa? Trackback biasanya memberikan efek pada pemilik blog lain untuk memperhatikan postingan Anda, mereka akan membaca apa yang Anda tulis yang berkaitan dengan mereka dan jika Anda cukup beruntung mereka akan menyisipkan link balik dalam postingan mereka nantinya dan tentu saja ini sangat baik untuk mendatangkan pembaca baru untuk blog Anda.

6. Dorong blogger lain untuk berkomentar.
Tidak lain hal ini sebagai salah satu strategi agar blog kita semakin banyak pengunjung dan komentar. Bayangkan saja, jika blog Anda tidak ada komentar satu pun, maka pengunjung baru akan berpikiran blog Anda sepi dan tidak dikenal lantas mereka pun pergi tak kembali. Kalo Anda ingin tetap JAIM (dan juga malu) untuk meminta komentar secara langsung maka buatlah semacam pertanyaan pada isi postingan Anda yang secara tidak langsung menarik pengunjung untuk berkomentar. Setelah itu jangan lupa untuk menanggapi komentar yang masuk.

7. Submit artikel pilar Anda pada social bookmark.
blog yang memiliki topik-topik tertentu, untuk wilayah Indonesia Anda bisa menggunakan social bookmark seperti lintasberita.com, infogue.com dan lainnya. Social bookmark semacam lintasberita memberikan kontribusi traffic yang cukup signifikan untuk sebuah blog, oleh karenanya jangan remehkan untuk mengsubmit artikel Anda.

8. Kirim blog Anda ke blogtopsites.com.
Tips ini memang tidak mendatangkan traffic secara signifikan, paling hanya 1 hingga 10 pengunjung perhari namun mengirimkan blog Anda ke blogtopsites.com begitu mudah hanya butuh waktu 5 menit saja lalu memasang kode html yang diberikan dan Anda tinggal menunggu blog Anda diberi peringkat lantas lambat laun traffic pun akan datang pada blog Anda.

9. Kirim artikel pilar blog Anda ke EzineArticles.com.
Seperti halnya blogtopsites.com tips ini tidak mendatangkan traffic secara jelas. Namun tentu saja mempunyai manfaat untuk jangka panjang. Dengan mengirimkan artikel pilar Anda ke EzineArticles.com maka artikel tersebut terbuka untuk siapa saja untuk direpublish diblog, situs atupun newsletter mereka dan secara tidak langsung blog Anda akan mendapat nilai, inti dari EzineArticles.com adalah adanya “Resource box” yang bisa diisi dengan data blog termasuk link, hingga jika ada orang lain yang republish content blog secara tidak langsung Anda telah direkomendasikan oleh mereka dan mendapat backlink dan mendapat pembaca baru secara bersamaan.

10. Jangan berhenti untuk menulis artikel-artikel pilar baru yang Anda sanggup.
Jika Anda melakukan hal-hal di atas ratusan pembaca baru untuk blog Anda akan terus berdatangan. Ketika saat Anda merasa stagnan maka artikel-artikel itu akan membantu Anda untuk terus mendatangkan traffic dan sementara Anda bisa beristirahat dengan tenang.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com